show on me^^!

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type ...

u'r my inpiration

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type ...

m3...net

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type ...

aquh’s admin panel

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type ...

Prev Next

Archive for Mei 2011

A Post Without Image

semaun

Semaun adalah anak Prawiroatmodjo, pegawai rendahan, tepatnya tukang batu, di jawatan kereta api. Meskipun bukan anak orang kaya maupun priayi, Semaoen berhasil masuk ke sekolah Tweede Klas (sekolah bumiputra kelas dua) dan memperoleh pendidikan tambahan bahasa Belanda dengan mengikuti semacam kursus sore hari. Setelah menyelesaikan sekolah dasar, ia tidak dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Karena itu, ia kemudian bekerja di Staatsspoor (SS) Surabaya sebagai juru tulis "kecil".

Politik

Kemunculannya di panggung politik pergerakan dimulai di usia belia, 14 tahun. Saat itu, tahun 1914, ia bergabung dengan Sarekat Islam (SI) afdeeling Surabaya. Setahun kemudian, 1915, bertemu dengan Sneevliet dan diajak masuk ke Indische Sociaal-Democratische Vereeniging, organisasi sosial demokrat Hindia Belanda (ISDV) afdeeling Surabaya yang didirikan Sneevliet dan Vereeniging voor Spoor-en Tramwegpersoneel, serikat buruh kereta api dan trem (VSTP) afdeeling Surabaya. Pekerjaan di Staatsspoor akhirnya ditinggalkannya pada tahun 1916 sejalan dengan kepindahannya ke Semarang karena diangkat menjadi propagandis VSTP yang digaji. Penguasaan bahasa Belanda yang baik, terutama dalam membaca dan mendengarkan, minatnya untuk terus memperluas pengetahuan dengan belajar sendiri, hubungan yang cukup dekat dengan Sneevliet, merupakan faktor-faktor penting mengapa Semaoen dapat menempati posisi penting di kedua organisasi Belanda itu.
Di Semarang, ia juga menjadi redaktur surat kabar VSTP berbahasa Melayu, dan Sinar Djawa-Sinar Hindia, koran Sarekat Islam Semarang. Semaoen adalah figur termuda dalam organisasi. Di tahun belasan itu, ia dikenal sebagai jurnalis yang andal dan cerdas. Ia juga memiliki kejelian yang sering dipakai sebagai senjata ampuh dalam menyerang kebijakan-kebijakan kolonial.
Pada tahun 1918 dia juga menjadi anggota dewan pimpinan di Sarekat Islam (SI). Sebagai Ketua SI Semarang, Semaoen banyak terlibat dengan pemogokan buruh. Pemogokan terbesar dan sangat berhasil di awal tahun 1918 dilancarkan 300 pekerja industri furnitur. Pada tahun 1920, terjadi lagi pemogokan besar-besaran di kalangan buruh industri cetak yang melibatkan SI Semarang. Pemogokan ini berhasil memaksa majikan untuk menaikkan upah buruh sebesar 20 persen dan uang makan 10 persen.
Bersama-sama dengan Alimin dan Darsono, Semaoen mewujudkan cita-cita Sneevliet untuk memperbesar dan memperkuat gerakan komunis di Hindia Belanda. Sikap dan prinsip komunisme yang dianut Semaoen membuat renggang hubungannya dengan anggota SI lainnya. Pada 23 Mei 1920, Semaoen mengganti ISDV menjadi Partai Komunis Hindia. Tujuh bulan kemudian, namanya diubah menjadi Partai Komunis Indonesia dan Semaoen sebagai ketuanya.
PKI pada awalnya adalah bagian dari Sarekat Islam, tapi akibat perbedaan paham akhirnya membuat kedua kekuatan besar di SI ini berpisah pada bulan Oktober 1921. Pada akhir tahun itu juga dia meninggalkan Indonesia untuk pergi ke Moskow, dan Tan Malaka menggantikannya sebagai Ketua Umum. Setelah kembali ke Indonesia pada bulan Mei 1922, dia mendapatkan kembali posisi Ketua Umum dan mencoba untuk meraih pengaruhnya kembali di SI tetapi kurang berhasil.

Pengasingan

Pada tahun 1923, VSTP merencanakan demonstrasi besar-besaran dan langsung dihentikan oleh pemerintah kolonial Belanda, dan setelah itu Semaun diasingkan ke Belanda. Selama masa pengasingannya dia kembali ke Uni Sovyet, dimana dia tinggal disana lebih dari 30 tahun. Pada masa itu dia tetap menjadi aktivis tapi hanya dalam aksi-aksi terbatas, berbicara beberapa kali di Perhimpunan Indonesia, organisasi mahasiswa di Belanda pada masa itu. Dia juga sempat belajar di Universitas Tashkent untuk beberapa waktu.
Selama pembuangan ke Eropa, Semaoen aktif di Executive Committee of the Comintern, Komite Eksekutif Komunis Internasional (ECCI). Setelah beberapa tahun tinggal di Belanda, Semaoen lalu menetap di Uni Soviet dan menjadi warga negara di sana. Ia pernah bekerja sebagai pengajar bahasa Indonesia dan penyiar berbahasa Indonesia pada radio Moscow. Puncak "kariernya" adalah ketika diangkat oleh Stalin menjadi pimpinan Badan Perancang Negara (Gozplan) di Tajikistan.
Setelah masa pengasingannya dia kembali ke Indonesia, dan pindah ke Jakarta. Kepulangan Semaoen ke Indonesia pada tahun 1953 merupakan inisiatif Iwa Kusumasumantri. Semaoen, Iwa, dan Sekjen Partai Komunis Iran mengawini tiga putri kakak-adik yang saat itu bekerja dalam Comintern. Saat kembali ke Indonesia dalam usia setengah abad lebih, Semaoen telah terputus dari PKI, partai yang ia dirikan. Dari tahun 1959 sampai dengan tahun 1961 dia bekerja sebagai pegawai pemerintah. Dia juga mengajar mata kuliah ekonomi di Universitas Padjadjaran, Bandung.

Karya Dan Pemikiran

Semaoen juga seorang yang padat dalam berkarya. Kebanyakan karyanya ditulis di dalam surat kabar beraliran kiri. Pemikiran Semaoen dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni oleh Sneevliet dan agama Islam walau sempat dalam karyanya ia memprotes pemikiran pribumi yang terlalu percaya akan kegaiban yang akan mengatur dan menyelamatkan mereka. Di antara karya-karya Semaoen adalah Penuntun Kaum Buruh yang dibuat untuk para anggota Partai Komunis Indonesia, Hikayat Kadiroen yang menceritakan seorang priyayi Marxis yang sangat peduli kepada rakyatnya dan Berbareng Bergerak.
Dalam pergerakan, ia menerima paham Marx tentang protes sosial kepada pemerintahan Hindia Belanda. Ia menganggap bahwa Pemerintah telah membiarkan warga pribumi terjatuh dalam kemiskinan karena usaha kapitalisasi di Indonesia terutama di Jawa. Ia berharap bahwa suatu hari nanti akan ada suatu keadaan mirip dengan Jawa Kuno yang membiarkan warganya hidup dengan apa yang ia inginkan. Dan hal itu hanya akan terjadi jika pemerintahan Soviet hadir di antara mereka.
Guna menguatkan perjuanganya, ia bersama dengan kaum komunis internasional masuk dalam Komitern yang diadakan di Rusia. Namun sayang sekali jika dalam usahanya tersebut dengan tokoh-tokoh timur lain seperti Tan Malaka, Darsono atau Alimin tidak digubris dengan baik. Dewan Komitern lebih cenderung tertarik bagaimana memerahkan Eropa ketimbang membantu pergerakan di Asia, seperti di India atau Indonesia yang saat itu menjadi salah satu corong utama pergerakan di daerahnya.

A Post Without Image

Tugas sejarah

Kolom organisasi- organisasi Pergerakan Nasional 


Organisasi
Berdiri (tgl & thn)
Pendiri
Sifat gerakan
Tujuan
1.
Budi utomo
20 Mei 1908
- Dr. Soetomo
- Dr. Wahidin Sudiro Husodo
Terbuka
- Memajukan Hindia-Belanda yang dicapai melalui pendidikan, pertanian, perdagangan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan.
2.
Sarekat islam
1911
H. Saman Hudi
Merakyat dan terbuka
- Memajukan perdagangan.
- Membantu oara anggota dalam permodalan perdagangan.
- Memperbaiki pendapat yang keliru mengenai islam.
- Memajukan pengajatan dan pendidikan untuk meningkatkan derajat bangsa.
3.
IP (indische partij)
25 Desember 1912
-Douwes Dekker
-Cipto Mangunkusumo
-Suwardi Suryaningrat

Indonesia merdeka
4.
MD( muhammadiyah)
18 November 1912
KH. Ahmad Dahlan

- Menyebarluas-kan ajaran islam sesuai dengna Al-Quran dan Hadits.
-Memajukan pendidikan berlandaskan islam.
- Pengembangan pengetahuan yang diselaraskan dengan kehidupan modern.
- Meningkatkan kesejahteraan hidup umat islam.
5.
PKI
23 Mei 1920
H.J.F.M Sneevliet


6.
Taman siswa
3 Juli 1922
Ki Hajar Dewantara

- Mewujudkan masyarakat yang tertib dan damai.
- Menciptakan suasana kehidupan rumah tangga di sekolah.
- Melaksanakan system pendidikan Indonesia.
- Siswa yang lebih tua membimbing siswa yang lebih muda.
7.
PNI
1927
- Ir. Soekarno
- Mr. Sartono
- Mr. Iskaq Cokroadisuryo

Indonesia Merdeka
8.
Gerakan pemuda ( Trikoro Darmo )
7 Maret 1915
- R. Satiman Wiryosanjoyo
- Sunardi
- Sutomo

- Mempererat tali hubungan antara murid-murid Bumi Putra.
- Menambah pengetahuan umum dan memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan.
9.
MIAI
September 1937
-KH. Mas Masyur
-KH. Ahmad Dahlan
-KH. Wahab Hasbullah
-Wondo Amiseno

-Mempererat hubungan tali persaudaran antar organisasi
10.
Gerakan wanita
( Putri Merdika )
1912
-R.A. Sabaruddin
-R.A. Sutinah Joyopranoto
- R. Rukmini

- Memberikan bantuan, bimbingan, dan penerangan kepada wanita pribumi dalam menuntut pelajaran dan mengemukakan pendapat di muka umum.
Kolom organisasi- organisasi Pergerakan Nasional
3.    3. PI ( perhimpunan Indonesia ) dianggap gerakan radikal, mengapa?
Karena kegiatan yang dilakukan oleh aktivis PI yang berada di dalam maunpun luar negri, yang salah satunya ikut dalam kongres Liaga Demokrasi Perdamaian Internasional tahun 1926 di Paris. Dalam kongres tersebut, Mohammad Hatta dengan tegas menyatakan tuntutan akan kemerdekaan Indonesia. Demikian pula pendapat-pendapat mereka banyak disampaikan ke tanah air. Aksi-aksi yang dilakukan dalam kongres tersebut menyebabkan Hatta dan kawan-kawan dituduh melakukan pemberontakan terhadap belanda. Dikarenakan juga status anggota PI yang sebagian sebagai mahasiswa membawa posisi mereka tanpa ikatan sosial politik tertentu dan tidak memiliki kepentingan untuk mempertahanlan kedudukan, sehingga mereka tidak khawatir dalam bertindak terang-terangan melawan belanda. Organisasi ini juga membuat lambang untuk Indonesia diantaranya merah putih sebagai bendera. Semenjak berakhirnya PI perasaan anti kolonialis dan imperialis di kalangan pimpinan dan anggota PI semakin menonjol, apalagi setelah ada seruan dari Presiden AS, Woodrow Wilson mengenai hak untuk menetukan nasib bangsa sendiri. Tahun 1925 PI semakin tegas memasuki kancah politik, yang juga didorong juga oleh kebangkitan nasionalisme di Asia-Afrika. Disamping itu, mengusahakan suatu pemerintahan untuk Indonesia, yang bertanggung jawab kepada rakyat Indonesia semata-mata, dan hal yang demikian itu hanya bias dicapai oleh rakyat Indonesia sendiri tanpa mengharapkan bantuan siapapun dan pada prinsipnya menghindarkan perpecahan demi tercapainya tujuan. Dengan pemikiran yang demikian tegas, wajarlah apabila PI menjadi satu ancaman terhadap kredibilitas pemerintah Belanda dalam menjalankan kolonialismenya di Indonesia.( kesimpulannya, tidakan yang dilakukan moh. hatta pada kongres di paris, menybabkan pihak koloni mengira orang pribumi memberoktak.. sehingga dikatakan radikal )
4.  4. Mengerjakan LKS halaman 29, 30-31, 36 dan 37-40
  -   - Kegiatan Siswa 3.1 ( halaman 29 LKS )
No.
Nama
Penjelasan
1.
Nasionalisme
Paham yang menempatkan kesetian tertinggi individu diserahkan pada negaradan bangsa.
2.
Liberalisme
Paham yang menghendaki kebebasan individu dalam bidang ekonomi, agama, budaya, social, dan pengembangan iptek.
3.
Hakko Ichiu
Ajaran yang mengajarkan agar dunia dibentuk menjadi keluarga besar dan dipimpin oleh jepang.
4.
Swadesi
Gerakan yang mengutamakan pemakaian barang produk rakyat India sendiri dan tidak memakai produk Inggris.
5.
Restorasi Meiji
Pembaharuan jepang yang dilakukan oleh kaisar Meiji.
6.
Hak Ekstrateritorial
Hak kebebasan diplomat terhadap daerah perwakilannya termasuk halaman bangunan serta perlengkapannya, seperti bendera lambang Negara, surat-surat dan dokumen bebas sensor, dalam hal ini polisi dan aparat keamanan tidak boleh masuk tanpa ada izin pihak perwakilan yang bersangkutan.
7.
Kaum Spoy
Tentara inggris yang berasal dari india.
- Uji Kompetensi 3.1 (halaman 30-31 ) LKS
I. 1. B. Ernest Renan
2. C. kebebasan
3. A. pengakuan terhadap Hak Asasi Manusia
4. E. Montesquieu
5. A. usaha untuk memperbaiki Jepang dengan meniru gaya barat.
6. B. Santini Ketan
7. B. menyelamatkan Turki dari kehancuran
8. A. melawan imperialisme di dunia
9. B. berkembangnya paham kapitalisme
10. C. terjadinya penyerbuan terhadap penjara bastille yang merupakan symbol absolutisme
II. 1. Jelaskan ekstern yang mendorong lahirnya nasionalisme di Asia dan Afrika!
Jawab : - menangnya jepang atas rusia tahun 1904-1905
- Masuknya paham baru seperti Liberalisme, nasionalisme dan demokrasi.
- Pengaruh ucapan Wodroow Wilson yang mengatakan bahwa setiap bangsa berhak menentukan nasib sendiri.
2. Apa yang dimaksud dengan paham Liberalisme dan apa latar belakangnya?
Jawab: - Liberalisme adalah Paham yang menghendaki kebebasan individu dalam bidang ekonomi, agama, budaya, social, dan pengembangan iptek.
- Liberalisme munsul karena akibat dari kekuasaan yang absolut.
3. Bagaimana pandangan Adam Smith tentang Libelarisme ?
Jawab: pemerintah seharusnya tidak ikut campur dalam dunia usaha karena justru akan menghambat gairah usaha dari individu.
4. Sebutkan faktor-faktor pendorong lahirnya nasionalisme di India!
Jawab: - penderitaan rakyat india akibat impirealisme inggis muncul kaum intelektual.
- Pertentangan kebudayaan antara india dan inggris
- Diskriminasi dalam pemerintahan
- Pengaruh kemenangan jepang atas rusia
5. Sebutkan pembaharuan yang dilakukan Mustafa kemal pasha !
Jawab: - pembentukan UUD sesuai dengan konstitusi barat.
- Sekulerisasi yaitu kebijakan memisahkan urusan agama dengan kepentingan Negara.
- Huruf arab diganti latin.
- Etatisme yaitu politik perekonomian yang diatur oleh Negara.
- Perkawinan sipil dihapuskandan poligami dilarang .
- Kegiatan Siswa 3.2 ( halaman 36 )
No.
Nama
Peran
1.
Van de Venter
Pendiri Kartini Founds
2.
H. Saman Budi
Pendiri Sarekat Dagang Islam
3.
Douwes dekker
Salah satu pendiri Indische partij
4.
M. Tabrani
Ketua kongres pemuda I
5.
Snevliet
Pengenal ISDV di Indonesia yang akhirnya berubah nama menjadi PKI.
6.
Sugondo Joyopuspito
Ketua kongres pemuda II
7.
H.O.S Cokroaminoto
Pengubah nama Sarekat Dagang Islam menjadi Sarekat Islam
8.
Ki Hajar Dewantara
Pendiri Taman Siswa
9.
Ahmad Dahlan
Pendiri Muhammadiyah
10.
Moh. Husni Thamrin
Ketua GAPI
- Uji Kompetensi 3.2 (halaman 37-38)
I. 1. C. kenangan kajayaan masa lampau.
2. E. merupakan organisasi politik yang pertama di Indonesia.
3. A. organisasi ini pertama kali didirikan oleh Haji Saman Hudi di kota Solo.
4. E. mendirikan pos-pos gerakan anti barat.
5. C. pedagang Indonesia.
6. B. Sarikat Islam bersifat terbuka bagi masyarakat yang mayoritas beragama islam.
7. B. mencapai kemerdekaan Indonesia
8. D. Douwes Dekker
9. A. Wahidin Sudirohusodo
10. D. pemerintah kolonial membatasi ruang gerak dari tokoh-tokoh nasional
II. 1. Jelaskan peran politik etis bagi Pergerakan Nasional Indonesia!
Jawab: politik etis disebut juga “politik balas budi” sehingga politik etis berperan untuk memperbaiki nasib bangsa Indonesia. Politik etis meliputi 3 program. Antara lain: irigasi, emigrasi dan edukasi.
2. Jelaskan latar belakang terjadinya perpecahan dalam tubuh Sarikat Islam!
Jawab: SI mengalami perkembangan yang cepat sehingga pemerintahan Belanda harus mewaspadai setiap gerak-gerik SI dengan mengeluarkan aturan SI harus bercabang-cabang. SI-pun mempunyai kebijakan untuk membuat Central Sarikat Islam. Banyak anggota SI yang merangkap jabatan di organisasi lain. Sehingga memicu konflik internal SI yang beraliran religious-nasionalis ( SI putih) dan komunis ( SI merah)
3. Jelaskan latar belakang berdirinya GAPI!
Jawab: GAPI dibentuk karena petisi Sutarjo yang berisi tuntutan pemberian status dominion bagi Indonesia ditolak oleh Belanda tanpa diperdebatkan dalam parlemen sehingga membuat perasaan tokoh-tokoh pergerakan nasional kecewa.
4. Mengapa Indische Partij dinyatakan sebagai organisasi terlarang?
Jawab: karena organisasi ini dianggap oleh pemerintah kolonial saat itu dapat membangkitkan rasa nasionalisme rakyat dan bergerak dalam sebuah kesatuan untuk menentang pemerintah kolonial Belanda.
5.Sebutkan tujuan organisasi keagamaan Muhammadiyah!
Jawab : - Menyebarluas-kan ajaran islam sesuai dengna Al-Quran dan Hadits.
- Memajukan pendidikan berlandaskan islam.
- Pengembangan pengetahuan yang diselaraskan dengan kehidupan modern.
- Meningkatkan kesejahteraan hidup umat islam.
- Ulangan harian 2 ( halaman 38- 40)
I. 1.
2. B. adanya jaminan kebebasan individu
3. C. wujud kesetiaan tertinggi individu yang diserahkan pada Negara dan bangsa.
4. E. bangkitnya harga diri bangsa Asia-Afrika sehingga menimbulkan kesadaran nasional
5. B. menteri pertahanan bertanggung jawab kepada tenno
6.
7. E. adanya penyusupan yang dilakukan oleh orang-orang PKI
8. A. Indische Partij
9. B. Suwardi Suryaningrat
10. B. Perhimpunan Indonesia
11. A. menghimpun dana pelajar bagi anak jawa yang cerdas tapi kekurangan biaya
12. E. merupakan organisasi yang berani menentang kebijakan pemerintahh Hindia Belanda
13. C. 3, 4 dan 1
14. E. Suwardi Suryaningrat, Douwes Dekker dan Cipto Mangunkusumo
15. E. mayoritas penduduk Indonesia beragama islam
II. 1. Bagian dari politik etis manakah yang paling besar pengaruhnya terhadap lahirnya Pergerakan Nasional? Jelaskan !
Jawab: yang paling berpengaruh bagi masyarakat Indonesia adalah Edukasi.
Karena sejak tahun1900 sudah mulai berdiri sekolah-sekolah untuk “kaum piyayi” maupun “rakyat biasa” yang hampir merata. Karena politik etis ( edukasi )banyak orang-orang pribumi dikirim ke belanda untuk belajar. Dan dari Edukasi pula banyak kaum intelektual yang bermunculan.
2. Jelaskan factor intern dan ekstern yang mendorong lahirnya pergerakan nasional Indonesia!
Jawab: - factor intern: penderitaan akibat imperialisme, muncul golongan terpelajar yang menyadari adanya persamaan nasi.
- Factor ekstern: kemenangan jepang atas rusia tahun 1904-1905; pengaruh pergerakan nasional di asia seperti cina, Filipina dan india; masuknya faham liberalisme, nasionalisme dan demokrasi.
3. jelaskan upaya yang dilakukan SI untuk membersihkan organisasi dari pengaruh PKI!
Jawab: SI mengadakan Kongres Luar Biasa Central Sarekat Islam. Kongres tersebut membicarakan masalah disiplin partai yang melarang penggandaan rangkap
anggota sebagai anggota partai. Melalui aturan partai tersebut, akhirnya golongan yang berpaham komunis dikeluarkan dari SI.
4. Uraikan mengenai Central Sarikat Islam!
Jawab: SI mengalami perkembangan yang cepat sehingga pemerintahan Belanda harus mewaspadai setiap gerak-gerik SI dengan mengeluarkan aturan SI harus bercabang-cabang. SI-pun mempunyai kebijakan untuk membuat Central Sarikat Islam. Central Sarikat Islam bertujuan untuk membantu Sarekat Islam daerah ke arah kemajuan, dan mengatur kerja sama antar-Sarekat Islam daerah.
5. Jelaskan latar belakang terjadinya perpecahan dalam tubuh PNI!
Jawab:karena dianggap revolusioner dilakukan penangkapan terhadap para tokoh pemimpin PNI oleh pemerintahan belanda yang merupakan pukulan berat dan menggoyahkan keberlangsungan partai.